Rabu, 17 Desember 2014

Koto Anau Nagari di Kota Solok


koto anu
Koto Anau adalah salah satu Nagari di kota solok yang terletak di kaki gunung talang. Letak dari
Nagari tersebut berdekatan dengan nagari batu banyak dan koto laweh yang merupakan awal muasal sejarah dari daerah tersebut. Yaitu yang merupakan bagian dari konfederasi kubuang tigo bale yang secara ada disebut sebagai Nagari adik. Adapun asal – usul nama nagari kota anau berasal dari kata koto anam yang berarti enam buah koto (kampong) yaitu Anam Koto didalam kerajaan Koto anau masa lalu yang meliputi Tanah Sirah, Koto Gadang, Batu Banyak, Koto Laweh, lima lunggo, dan Batu bajanjang  kemudai memisahkan diri dan membentuk nagari sendiri. Itu salah satu sejarah dari koto anau yang terakhir dikuti dari blog kotoanauka.blogspot.com .
Tetapi adapun cerita asal-usul nama nagari koto anau menurut versi lainnya adalah berasal dari sebuah nama batang enau (aren) yang dahulunya terdapat disalah satu tempat di tengah koto. Dan pohon besar itu dapat dijadikan sebagai tempat berlindung bagi masyarakat koto yang enam. Dan konon wujud dari pohon tersebut dari akar sampai daunnya dapat dipergunakan, maka orang koto gadang menggunakan nama pohon tersebut untuk memberikan nama gabungan dari enak koto tersebut.
Setelah Indonesia merdeka nagari koto anau merupakan bagian dari kabupaten solok. yang termasuk dari wilayah Sumatera barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar